Recent Posts


Tazmania

Favourite doll

Tazmania

Favourite doll

Tazmania

Favourite doll

Tazmania

Favourite doll

Tazmania

Favourite doll

Kamis, 05 Januari 2012

Penggunaan Rumus Pada Excel 2007

Pendahuluan

Rumus atau formula pada Excel 2007 adalah suatu persamaan dari hasil kalkulasi nilai yang kita masukkan. Nilai tersebut bisa berupa nilai input yang kita masukkan ataupun dari referensi cell / range lain yang sudah terdefinisikan pada file worksheet Excel 2007.

Artikel berikut menunjukkan bagaimana dasar menggunakan formula pada Excel 2007. Tutorial ini ditujukan untuk Anda yang pemula di Excel terutama Excel 2007.

Jika artikel ini tidak menjawab yang Anda cari, Anda dapat memberikan informasi kepada kami melalui email ke webmaster@belajarexcel.info untuk saran dan peningkatannya.

Persamaan dan Komponen Rumus

Persamaan rumus pada Excel selalu dengan ( = ) diikuti dengan :
  • Nilai : misalkan nilai 1, 23, 'A', 'Halo', dll.
  • Operator : misalkan +, -, *, / , dll.
  • Function : misalkan sum( .. ), vlookup( .. ), dll.
  • Referensi cell atau range : misalkan A1, C4, A1:B5, dll.

Contoh : Menggunakan Nilai Literal

  • Jalankan program Excel 2007 dan buat file worksheet baru.
  • Pada salah satu cell ketik rumus berikut dan tekan tombol Enter.

    = 8 * 8


  • Hasil perkalian yaitu nilai 64 akan terlihat pada cell tersebut. Namun pada bagian "formula bar" rumus cell tersebut akan tetap terlihat.



Contoh : Menggunakan Referensi Cell

  • Cobalah masukkan angka 3 dan 4 pada dua cell, misalkan pada A1 dan B1 seperti tampak pada gambar berikut.


  • Arahkan cell Anda ke posisi C1.


  • Pada cell C1 coba ketik rumus berikut dan tekan tombol Enter.

    = 2 * (A1 + B1)

    Perhatikan pada tiap referensi (A1 dan B1) akan memiliki warna yang berbeda untuk teksnya - dengan highlight juga pada tiap cell dengan warna yang bersesuaian.


  • Hasil dari perhitungan rumus tersebut, yaitu 2 kali pertambahan A1 dan B1 (7) adalah 14. Hasil tersebut terlihat pada cell C1 dengan rumus asalya masih terlihat pada formula bar.


Contoh : Menggunakan Function

  • Cara lain untuk melakukan operasi penambahan adalah dengan function SUM(..).
  • Arahkan cell Anda ke posisi D1.


  • Pada cell tersebut ketik =SUM(  seperti terlihat pada gambar berikut. Terlihat pada saat kita berhenti mengetik akan muncul tooltips yang memberi kita informasi singkat penggunaan function SUM tersebut.


  • Pada posisi tersebut kita bisa ketik nilai atau referensi yang kita inginkan, tapi kali ini coba gerakkan cursor saja ke posisi A1 tanpa perlu melakukan penekanan Enter terlebih dahulu.

    Terlihat bahwa di dalam function SUM akan terisi referensi A1 dan pada cell A1 sekarang juga ada kotak seperti kumpulan semut berjalan (walking ants) yang menandakan cell tersebut lagi menjadi referensi untuk input.


  • Sekarang ketik : (tanda titik dua). Terlihat di dalam fungsi sum akan muncul tanda titik dua dan juga referensi A1 kembali. Ini artinya kita akan mengambil range nilai dari cell A1 kembali ke A1.

    Sebagai catatan : posis kursor sekarang untuk mengetik ada di D1 dan posisi untuk menggerakkan kursor ada pada A1.


  • Sekarang gerakkan kursor ke kanan 1 kali (posisi B1). Perhatikan perubahan pada isi dari fungsi SUM(...).


  • Tekan Enter sekarang. Terlihat hasil pada D1 adalah 7 dan Excel akan melengkapi sendiri tanda penutup kurung ) untuk function tersebut.


  • Selesai